Don't Miss
Home / Headline / Ribuan Siswa Bolos Sekolah untuk Mendemo PM Australia

Ribuan Siswa Bolos Sekolah untuk Mendemo PM Australia

MEDIASWARA-Ribuan siswa SD dan SMP di Australia bolos sekolah pada Jumat (30/11) untuk berunjuk rasa meminta pemerintah bertindak cepat dalam menangani perubahan iklim
Demo dilakukan di beberapa kota di Australia, tak lama setelah Perdana Menteri Scott Morrison meminta para siswa tetap bersekolah.
Para anak sekolah di Australia membawa spanduk yang berisikan pesan protes atas kegagalan pemerintah tangani perubahan iklim. (Foto:AFP/Saeed Khan)

Para anak sekolah di Australia membawa spanduk yang berisikan pesan protes atas kegagalan pemerintah tangani perubahan iklim. (Foto:AFP/Saeed Khan)

Menurut seorang pengunjuk rasa berusia 13 tahun, Siniva Esera, ia punya alasan kenapa sampai rela turun ke jalan dan bolos sekolah.
“PM kami meminta kami tetap bersekolah, tapi bagaimana kami hanya bisa duduk tanpa melakukan apa pun demi melindungi masa depan planet ini,” ujar Esera seperti dikutip dari AFP, Jumat (30/11).
Dalam demo tersebut, pengunjuk rasa membawa beragam spanduk menentang PM Morrison. Salah satu spanduk yang dibentangkan pengunjuk rasa bertuliskan: “Saya benci ScoMo (panggilan Scott Morrison) lebih dari saya benci sekolah.’
Awal pekan, saat demo masih sebatas rencana, di depan parlemen Morrison menyatakan pemerintahnya akan segera bertindak demi mengendalikan perubahan iklim. Ia pun meminta agar anak sekolah tak usah bolos hanya untuk ikut demo menentang perubahan iklim.
 “Saya telah sampaikan apa yang menjadi komitmen kami, tapi anak-anak harus tetap bersekolah,” ucap Morrison.
Perdana Menteri Australia, Scott Morrison. (Foto:AFP/ALEJANDRO PAGNI )

Perdana Menteri Australia, Scott Morrison. (Foto:AFP/ALEJANDRO PAGNI )

Demo tersebut berlangsung saat Australia dihantam cuaca ekstrem. Di Negara Bagian Queensland udara panas menyebabkan kebakaran hutan besar.
Namun, di sebelah selatan tepatnya di New South Wales, hujan badai terjadi. Keadaan tersebut memicu banjir di beberapa wilayah dan pembatalan penerbangan serta pemadaman listrik.(kumparan/AW)

About media swara 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*