Don't Miss
Home / Berita Utama / Massa SBSI 92 bersama Gubernur Sumut dan elemen serikat buruh lainnya merayakan Mayday

Massa SBSI 92 bersama Gubernur Sumut dan elemen serikat buruh lainnya merayakan Mayday

sbsi 92 sumut11
Memperingati Hari Buruh (May Day) 2019, sejumlah organisasi buruh di Medan menggelar aksi beragam. Termasuk dari Massa Serikat Buruh Sejahtera Indonesia 1992 ( SBSI 92 ). Ratusan Massa SBSI 92 menggelar aksi damai dan acara Mayday di Kampus Lembaga Pendidikan Perkebunan Medan, Jalan Pancing Medan. Kegiatan itu dihadiri oleh Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi.

sbsi 92 sumut9

Kepada mediaswara.com, Rabu (1/5), Ketua Bidang Penelitian, Pengembangan dan Pengkajian organisasi DPP SBSI 92 Pusat, Darmawan Yusuf, SH,SE,M.Pd,MH mengatakan Salah satu yang menjadi tuntutan Buruh dari tahun ke tahun ialah menolak upah murah, mencabut PP No 78 Tahun 2015 Tentang Pengupahan dan Permaneker No 15 Tahun 2018 Tentang Upah Minimum. “Kata Darmawan.

sbsi 92 sumut4

“Kami juga meminta pemerintah untuk menghapuskan sistem kerja kontrak, BHL, Out Sourching dan pemagangan. “Ujar Darmawan.

sbsi 92 sumut5

Jika upah murah yang dimaksud ialah upah yang dibawah batas kewajaran, upah yang dibawah umk dan keterampilan yang mereka miliki, tentu kami selaku serikat buruh sangat menentang.”Kata Darmawan yang juga adalah salah satu anggota Dewan Pengupahan Disnaker Sumut.
sbsi 92 sumut12

Namun bila tuntutan buruh itu dibarengi dengan peningkatan kapasitas keterampilan dan kompetensi buruh,pengusaha harus memberikan upah yang wajar dan diatas UMK. karena dengan peningkatan kapasitas ketrampilan buruh otomatis produksi dan kelangsungan laba perusahaan menjadi berkembang dan tidak ada alasan pengusaha untuk tidak menaikkan upah sesuai keahlian buruh tersebut.

sbsi 92 sumut

Namun banyak juga pengusaha yang beralasan kalau upah terlalu tinggi maka akan gulung tikar. dalam hal ini kami selaku serikat buruh, tidak menginginkan perusahaan gulung tikar, buruh bekerja diperusahaan itu pasti tahu apakah perusahaan mengalami kerugian atau keuntungan.”ujar Darmawan yang juga Sekjen DPD SBSI 92 Sumut.

sbsi 92 sumut7

Selain itu, pihaknya juga meminta agar buruh diberikan jaminan perlindungan berserikat, jaminan sosial gratis bagi seluruh rakyat, serta meminta harga sembako, BBM, dan Tarif Dasar Listrik (TDL) diturunkan.

Pemerintah seharusnya fokus menjaga kestabilan harga bahan pokok dan tarif dasar listrik. Kesejahteraan buruh juga harus dijamin melalui jaminan sosial, kesehatan, pendidikan, dan hari tua.”Tegas Darmawan.

sbsi 92 sumut10

Jika seluruh harga bahan pokok dan tarif dasar listrik terkendali, saya yakin baik buruh maupun pengusaha tidak akan ada yang menjerit. “Kata Darmawan yang juga ketua DPC SBSI 92 kota Medan.

sbsi 92 sumut6

Sekjen DPC SBSI Kota Medan Santi Mayasari Aritonang yang juga salah satu Panitia May Day hari buruh internasional Sumut mengatakan Program pelatihan dan peningkatan keahlian bagi tenaga kerja di berbagai sektor tentu sangat dinanti oleh kedua belah pihak, baik buruh maupun pengusaha. Program ini juga harus terukur dengan adanya sertifikasi. Dengan begitu, standarisasi pengupahan akan dapat ditentukan sesuai dengan kemampuan, keahlian, dan kompetensi yang SDM itu miliki. Bukan lagi hanya berpatok pada UMR. jadi saya harap kedepannya pemerintah terus menyediakan anggaran kepada Disnaker, supaya ada anggaran untuk terus buat pelatihan kepada Buruh.”Kata Santi yang juga adalah anggota LKS Tripartit Disnaker Sumut.

sbsi 92 sumut14
Anggriani Wau, SH,MH Ketua Bidang Hukum dan Ham SBSI 92 Sumut yang juga Panitia May Day hari buruh internasional Sumut mengatakan masih sangat banyak lulusan perguruan tinggi maupun sekolah kejuruan yang belum mendapatkan pekerjaan. Jika standarisasi pengupahan hanya terus berpatok pada UMR/UMP/ maupun UMK, maka akan ada buruh yang standard kinerjanya rendah mendapatkan gaji 2,7 juta rupiah per bulan, dan ada juga lulusan sekolah kejuruan yang standard kinerjanya tinggi tidak memiliki kesempatan bekerja alias menganggur.”Ujar Anggriani yang juga anggota Dewan Pengupahan Disnaker Sumut. (AW)

About mediasWara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Sabun transparan ADEV NaturalSabun transparan ADEV Natural